Astra serahkan bantuan penanganan COVID-19 tahap kelima Rp20,8 miliar

PT Astra International Tbk menyerahkan secara bertahap bantuan tahap kelima terkait penanggulangan COVID-19 berupa 50 ventilator senilai Rp20,8 miliar ke berbagai wilayah di 18 provinsi di Indonesia.

“Astra konsisten dan terus bahu-membahu mendukung upaya pemerintah, masyarakat serta tenaga medis dalam mencegah penyebaran COVID-19 di seluruh Indonesia. Melalui penyerahan ventilator ini, kami berharap dapat mempercepat penanganan pasien positif COVID-19,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Presdir Astra tersebut berharap pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia ini segera berakhir.

Penyerahan bantuan tahap kelima merupakan kontribusi Astra membantu pemerintah dan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

Bantuan tahap kelima ini merupakan kelanjutan rangkaian penyerahan bantuan tahap pertama hingga keempat dari Astra senilai total Rp131 miliar pada periode Maret hingga Mei 2020. Dengan bantuan tahap kelima ini, maka total bantuan dari Astra mencapai total Rp151,8 miliar.

Pada periode Juni hingga Juli 2020, sebanyak 10 ventilator telah disalurkan Astra melalui Koordinator Grup Astra di wilayah Sumatra Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua.

Sebanyak 40 ventilator akan diserahkan secara bertahap di 18 provinsi di Indonesia yakni Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Papua.

Bantuan akan diserahkan oleh perwakilan Grup Astra di wilayah setempat kepada pihak rumah sakit atau instansi pemerintah lainnya sesuai dengan arahan dari Tim Gugus Tugas COVID-19 Daerah.

Sebelumnya, pada bantuan tahap awal, bulan Maret 2020 Astra telah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, rumah sakit rujukan nasional dan daerah, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Selain itu pihaknya telah mendonasikan 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up dan 10 unit truk, terdiri dari lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR 71, kepada Palang Merah Indonesia.

Ada juga bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada 21 Kampung Berseri Astra di Jabodetabek dan inisiatif Astra dalam menggerakkan beberapa penerima SATU Indonesia Awards di pelosok tanah air untuk turut membantu pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah masing-masing.

Source : Antaranews.com