9 Cara Cerdas Jadi Orang Kaya dengan Gaji Standar

Mendapatkan gaji yang tinggi setiap bulannya merupakan impian banyak orang, barangkali Anda salah satunya. Namun tidak semua orang bisa menikmati hal tersebut, bahkan meski sudah bekerja keras sepanjang waktu. 

Pola hidup dan cara Anda mengelola keuangan tentu akan sangat mempengaruhi kondisi ini. Pada dasarnya, seberapa besarpun gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya, tentu tidak akan cukup jika Anda selalu boros dalam membelanjakan uang Anda. 

Lakukan perubahan di dalam keuangan, pastikan Anda bisa kaya dan menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya mulai sekarang. Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas, yang bisa Anda lakukan untuk cepat kaya meski hanya memiliki gaji standar saja:

1. Hiduplah dengan hemat

hidup hemat

Melakukan penghematan di dalam keuangan merupakan salah satu cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak uang. Anda bisa memangkas setiap pengeluaran yang tidak perlu, bahkan menghilangkannya sama sekali. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan pola hidup hemat ini, seperti:

  • mengurangi pengeluaran membeli kopi,
  • membawa bekal makan siang sendiri,
  • mengerjakan pekerjaan di rumah dan memberhentikan ART, dan yang lainnya.

Semakin banyak pengeluaran yang Anda pangkas, maka akan semakin banyak juga uang yang bisa Anda simpan setiap bulannya.

2. Menjalani hidup sesuai kemampuan keuangan

Bersenang-senang dan bisa membeli berbagai hal yang diinginkan merupakan salah satu kondisi yang paling diimpikan banyak orang. Anda mungkin ingin membeli berbagai produk elektronik terbaru, menikmati traveling ke berbagai destinasi terindah, dan yang lainnya.

Namun semua ini akan menjadi mudah, hanya jika kondisi keuangan Anda memang memungkinkan untuk melakukannya. Sebaliknya, jika kondisi keuangan tidak memungkinkan, maka berbagai masalah di dalam keuangan tentu akan sangat mungkin terjadi.

Biasakan hidup sesuai dengan kemampuan sendiri, agar Anda tidak membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting.

3. Beli barang yang lebih murah dan di bawah kemampuan keuangan

Meski Anda sudah mampu membeli barang yang cukup mahal, jangan selalu melakukan hal tersebut ketika berbelanja. Membeli sesuatu yang lebih murah dan berada di bawah kemampuan keuangan Anda adalah keputusan yang bijak. Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang dan bisa menyimpan lebih banyak sisanya. Di saat bersamaan, Anda tetap bisa menikmati manfaat yang sama dari barang yang Anda beli tersebut. 

4. Lakukan investasi untuk masa depan

investasi

Jangan lupa untuk menata masa depan keuangan Anda, bahkan meski sekarang Anda sudah terbilang mapan dan memiliki kemampuan keuangan yang cukup baik. Hindari untuk menumpuk uang Anda di dalam rekening tabungan saja, sebab hal ini akan membuat nilainya tergerus oleh inflasi.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dan memperkuat keuangan di masa yang akan datang, maka mulailah melakukan investasi mulai sekarang. Pilih instrumen investasi yang tepat dan kelola dengan cara cerdas, agar Anda bisa mendapatkan imbal hasil maksimal dari aktivitas keuangan tersebut.

5. Jangan belanjakan seluruh uang yang Anda punya

Biasakan untuk tetap disiplin dalam mengelola dan membelanjakan setiap sen uang Anda, meskipun saat ini Anda memiliki uang dalam jumlah yang banyak.  Kontrol anggaran keuangan dan juga pengeluaran Anda setiap bulannya, agar Anda bisa selalu membelanjakan uang dengan bijak.

Jika Anda memiliki banyak pemasukan di dalam keuangan, maka segera alokasikan dana tersebut ke dalam rekening tabungan, agar kelak Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan yang mendesak atau bahkan untuk berinvestasi.

6. Tabungkan uang ekstra yang Anda punya

THR dan bonus merupakan dua pemasukan yang kerap Anda dapatkan dari pekerjaan. Jumlahnya tentu tidak bisa dianggap kecil, apalagi jika Anda sudah bekerja cukup lama di perusahaan. Saat Anda mendapatkan uang ekstra seperti ini, pastikan Anda tidak langsung membelanjakannya untuk berbagai hal yang tidak penting. Simpan saja uang ekstra yang Anda dapatkan di dalam tabungan, agar kelak Anda bisa menggunakannya untuk hal-hal yang lebih penting.

7. Berinvestasilah dengan bijak dan cerdas

Ada banyak instrumen investasi yang menawarkan keuntungan besar, beberapa bahkan bisa saja tidak masuk akal. Hindari godaan investasi yang seperti ini, apalagi jika Anda tidak memahaminya dengan baik. Pilih instrumen investasi yang Anda pahami dan cocok untuk kondisi keuangan Anda, agar Anda bisa mengelolanya dengan lebih maksimal. Selain itu, pertimbangkan juga keamanan setiap investasi yang Anda lakukan di dalam keuangan.

8. Hindari pengeluaran berlebih

pengeluaran berlebihan

Mulailah cek kembali pengeluaran rutin bulanan Anda, agar Anda bisa melihat apa saja yang tidak begitu penting di sana. Meski tidak bisa dihilangkan secara penuh, berbagai pengeluaran ini biasanya dapat diperketat atau bahkan dipangkas sebagian. Anda bisa mulai mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, agar biaya untuk membayar ART bisa dihilangkan. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan pada berbagai pos pengeluaran lainnya.

9. Pilih hiburan dengan biaya yang lebih murah

Berlibur atau menikmati waktu dengan teman-teman di tempat karaoke memang menyenangkan, namun ini tentu membutuhkan banyak uang. Jika Anda ingin menyimpan lebih banyak uang, maka mulailah mengubah cara Anda menikmati hiburan seperti ini.

Pilih hiburan yang lebih hemat dan tetap menyenangkan, agar Anda bisa menikmatinya dengan nyaman. Anda bisa menghabiskan waktu dengan memasak bersama di rumah, atau bahkan menikmati waktu santai dengan berolahraga bersama pasangan.

Ubah kebiasaan Anda dan kumpulkan lebih banyak uang

Bagi Anda yang hanya memiliki gaji standar, jangan biarkan keuangan Anda tetap dalam kondisi yang pas-pasan. Mulailah melakukan langkah yang tepat untuk mengelola keuangan dengan lebih cerdas dan ketat. Ubah kebiasaan Anda dalam mengelola uang, agar Anda bisa menyimpan lebih banyak uang dan menjadi kaya di masa yang akan datang.

Source : Cermati.com