Olahraga

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Stadion Sepak Bola

Surabayadaily.com – Ukuran lapangan Sepak Bola, Sepak Bola adalah olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, Sepak Bola juga menjadi olahraga yang paling digemari dan banyak atlet di olah raga ini menjadi atlet terkaya di Dunia di antaranya adalah Lionel Messi, Christiano Ronaldo, David Beckham dll.

Saat ini, sudah banyak lapangan olah raga atau Lapangan Sepak Bola yang berubah fungsi menjadi lahan untuk perumahan ataupun pertokoan, sehingga sudah jarang sekali olahraga sepak bola ini dilakukan, banyak yang sudah beralih ke olahraga Futsal.

Lapangan Sepak Bola

Lapangan Sepak Bola

1. Ukuran: panjang 90-120 m x lebar 45-90 m
2. Daerah penalti: busur berukuran 18 m dari setiap pos
3. Garis penalti: 11 m dari titik tengah garis gawang
4. Gawang: lebar 7 m x tinggi 2,5 m
5. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Lapangan

Dalam sebuah pertandingan sepakbola, lapangan yang digunakan berbentuki persegi panjang. Ukuran lapangan yang digunakan memiliki panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Untuk pertandingan sepakbola level Internasional panjang lapangan sepakbola yang digunakan 100-110 meter dan lebar 64-75 meter.

Di tengah-tengah lapangan pertandingan terdapat garis yang membagi dua lapangan sama panjang. Garis tersebut memiliki fungsi untuk membagi wilayah dari kedua tim yang bertanding.

Di tengah-tengah garis tersebut terdapat titik yang disebut centre spot atau titik tengah. Titik tengah tersebut dikelilingi sebuah area berbentuk lingkaran yang beradius 9,15 meter dari titik tengah.Titik tersebut merupakan tempat saat melakukan sentuhan pertama pada bola di awal permainan, yaitu ketika awal babak pertama dan kedua serta saat terjadi sebuah gol.

Pada bagian tengah kedua ujung lapangan terdapat sebuah wilayah yang disebut dengan area penalti . Area tersebut berbentuk persegi panjang dengan lebar 16,5 meter  dan panjang 40,3 meter. Area ini merupakan batas dari penjaga gawang untuk dapat menggunakan tangan untuk menangkap bola.

Di dalam area penalti tersebut terdapat sebuah titik yang disebut titik penalti. Titik tersebut berjarak 11 meter dari tengah-tengah garis gawang. Bila  dalam pertandingan terjadi pelanggaran di area gawang, maka tim yang dilanggar akan diberi hadiah tendangan penalti dari wasit. Dalam area kotak penalti terdapat sebuah area yang lebih kecil dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 5,5 meter. Wilayah ini merupakan wilayah kekuasaan mutlak penjaga gawang dan tidak boleh mendapat gangguan dari para pemain lawan.

Di setiap pojok lapangan terdapat wilayah berbentuk seperempat lingkaran dengan radius 1 meter dari sudut lapangan. Wilayah tersebut merupakan tempat para pemain melakukan tendangan sudut. Di setiap pojok lapangan ditempatkan sebuah flagpost dengan tinggi tidak kurang dari 1,5 meter dan ujungnya tidak boleh runcing.

Pada setiap ujung lapangan, terdapat dua buah gawang yang merupakan tempat memasukan bola. Gawang tersebut harus berada di tengah-tengah garis gol. Tiang dan mistar gawang tersebut harus terbuat dari kayu, metal, ataupun material yang bisa diterima. Tiang dan mistar gawang tersebut juga harus berbentuk persegi/persegi panjang, bulat dan yang terpenting tidak membahayakan para pemain. Jarak antara kedua tiang gawang adalah 7,32 meter, sedangkan jarak mistar gawang ke tanah adalah 2,44 meter. Garis  yang terdapat pada gawang harus sama dengan garis lebar lapangan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Surabayadaily.com adalah daring informasi dari jendela kota Surabaya

Copyright © 2016 Surabayadaily.com

To Top