Berita

Pembangunan Jokowi dari Infrastuktur ke Sumber Daya Manusia

Rapat Terbatas Presiden Jokowi

Surabayadaily.com – Presiden Joko Widodo meemberikan pernyataan mengejutkan, belum tuntas 100 persen proyek Infrastuktur berjalan, Presiden Jokowi menyatakan bahwa 1,5 Tahun masa kepemimpinannya ke depan akan di teruskan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia.

“Setelah pekerjaan besar, yaitu infrastruktur telah kita jalankan selama kurang lebih 3,5 tahun, kita akan bergeser pada pekerjaan besar yang kedua, yaitu investasi di bidang SDM, investasi di bidang sumber daya manusia,” ujar Jokowi.

“Karena peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat menentukan sekali dalam kita berkompetisi, bersaing dengan negara-negara lain,” ucap Presiden jokowi.

Pembangunan sumber daya manusia yang akan mulai dikerjakan, lanjut Jokowi, menitik beratkan pada tiga hal.

Pertama, pembangunan karakter positif. Jokowi ingin ada program komprehensif terkait karakter positif yang menyentuh pendidikan anak, bahkan sejak anak usia dini.

Kedua, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, mulai pendidikan dasar, menengah dan tinggi.

“Terutama yang berkaitan dengan pendidikan di pondok pesantren, juga berkaitan dengan tenaga-tenaga kerja kita yang juga perlu kita upgrade dan pendidikan-pendidikan vokasional yang ada di SMK-SMK yang memerlukan sarana prasarana dan perubahan-perubahan mendasar bagi cara-cara pendidikan di lapangannya,” ujar dia.

Ketiga, mendorong link and match antara industri dengan pelajar pendidikan vokasi. Hal ini perlu dilakukan untuk mencetak sumber daya yang siap berkompetisi di industri.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam rapat terbatas yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy san Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir. Hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Surabayadaily.com adalah daring informasi dari jendela kota Surabaya

Copyright © 2016 Surabayadaily.com

To Top